de Joga and EVERYTHINGS

So, what will you DO? If you know,we are…

Dialog Anti Korupsi BEM ITS di Radio Shams FM

Dalam rangka hari anti korupsi se-Dunia, yakni tanggal 9 Desember, BEM ITS diundang untuk diaolog tentang pemberantasan korupsi di Indonesia oleh Radio Suara Muslim Surabaya Sham FM. Pada momen tersebut, BEM ITS diwakili oleh Presiden yaitu saudara Dalu Nuzlul Kirom. selain itu juga mengudara Presiden BEM Unair Arif Faturrohman, Pakar Pendidikan Nasional Prof. Daniel M. Rasyid dan dari KPK bidang pencegahan Dedi Adi Nugroho.

Dalam dialog selama kurang lebih dua jam tersebut, masing-masing narasumber menjelaskan tentang akar permasalahan korupsi di Indonesia. Presiden BEM ITS, Dalu, menjelaskan bahwa korupsi di Indonesia bukan hanya karena sistem, tetapi juga karena sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia. Semua lapisan masyarakat bisa melakukan korupsi, tidak hanya para pejabat. Itu disebabkan karena mental dari orang-orang yang merasa miskin sehingga menghalakan korupsi sebagai jalan pintas sumber pemasukan.

Sementara itu dari tinjauan pendidikan, Prof. Daniel menjelaskan bahwa iklim pendidikan di Indonesia juga mendukung terciptanya budaya korupsi. Para siswa lebih ditekan dengan kemampuan teknis sehingga harus mencapai nilai tinggi dan mengesampingkan tentang pendidikan moral. Sehingga budaya korupsi bisa muncul dengan menyontek saat ujian dan lain sebagainya. Oleh karena itu diperlukan perbahan dalam sistem pendidikan yang lebih mengarahkan pada sisi moral dan karakter siswa.

Untuk lebih detail tentang Dialog tersebut, berikut saya lampirkan rekamannya. Mohon maaf kualitas tidak terlalu bagus.
Rekaman 1
Rekaman 2

Demikian seklumit gerakan mahasiswa dalam rangka Hari Anti Korupsi Internasional. Semoga ini bukan hanya momentual saja, namun bisa mmberi manfaat jangka panjang bagi Indonesia. Pemberantasan korupsi tidak hanya digembar-gemborkan ketika tanggal 9 Desember saja, tapi setelah itu semangat pemberantasan korupsi harus kita jaga. Dan mahasiswa berada di garda terdepan untuk memberantas korupsi, dengan harapan bukan hanya omong kosong belaka tapi adalah ucapan yang telah dibuktikan dengan perbuatan mulai dari hal-hal yang kecil.

Hidup Mahasiswa!!!

Yoga Amersya Fitra
Menteri Koordinator Eksternal BEM ITS 2010/2011
-Menggagas Pahlawan Peradaban-

09 12 10 - Posted by | Berita, Informasi, Jejak BEM ITS | , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: