de Joga and EVERYTHINGS

So, what will you DO? If you know,we are…

Pilgub Jawa Timur, Apakah Rakyat Sudah Bosan?

Pesta demokrasi di Jawa Timur untuk memilih Gubernur putaran kedua akan dilaksanakan pada 4 November nanti. Rakyat Jawa Timur mempunya dua calon yang sebelumnya telah lolos pada putaran pertama. Semakin mendekati hari H suasana kampanye pun semakin terasa. Berbagai macam gambar, pamflet, umbul-umbul bahkan reklame besar di tepi jalan terpampang calon gubernur yang mengikuti putaran kedua. Di Surabaya hampir setiap kita keluar di jalan raya jarang untuk tidak menjumpai berbagai macam atribut kampanye calon gubernur.

Kondisi yang sama juga terasa pada saat masa kampanye pemilihan gubernur di putaran pertama. Karena calon yang masih banyak, yaitu lima pasangan, maka atribut kampanye di jalan-jalan juga semakin beragam. Namun masa kampanye yang begitu meriah ternyata tidak sebanding saat pelaksanaan pemungutan suara. Di putaran pertama pemungutan suara di TPS berbagai daerah berlangsung lesu dan cenderung sepi, karena banyak warga yang tidak menggunakan hak pilihnya. Bahkan angka yang tidak memilih mencapai 50%.

Kondisi pemungutan suara diputaran pertama dikhawatirkan akan terjadi di putaran kedua. Bahkan kenyataan di masyarakat masih banyak yang belum tau kapan pelaksanaan pemungutan suara itu. Suasana pesta demokrasi yang seharusnya ditunggu-tunggu oleh rakyat seakan tidak terasa. Dan seolah-olah rakyat sudah tidak terlalu peduli atau acuh terhadap pemiliha gubernut itu.

Mungkin saja yang tejadi adalah masyarakat mengalami kebosanan. Sehingga mereka malas datang ke TPS meskipun itu sudah dijadikan hari libur regional Jawa Timur. Kebosanan itu bisa jadi merupakan akibat dari kekecawaan masyarakat terhadap para calon yang dipilihnya. Masyarakat takut nantinya pilihan mereka tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Di samping itu banyak kalangan yang beranggapan tidak mnggunakan hak suaranya sebab itu tidak mempengaruhi kehidupannya sehingga itu bukanlah merupakan sesuatu yang penting.

07 03 09 - Posted by | Opini | , , ,

3 Komentar »

  1. jawabnya jelas cak, bukan bosan biasa (BBB) tapi sudah lebih dari sekedar bosan banget…
    sudah terlalu sedikit orang yg bisa dipercaya…

    Komentar oleh ewot | 07 03 09 | Balas

  2. yap…sangat setuju sekali(SSS) :p

    trus bis ni ada pemilu legislatif, lalu pemilu presiden, trus oh udah ya….

    pasti tambah malah bosan, kita liat aja, apa banyak yg golput?
    katanya haram lo,he….

    Komentar oleh dejoga | 16 03 09 | Balas

  3. weleh2…

    Komentar oleh riff | 25 03 09 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: