de Joga and EVERYTHINGS

So, what will you DO? If you know,we are…

Menuju ASEAN ICT Leading Nation Bersama DETIKNAS

Seiring dengan bergulirnya waktu,perkembangan jaman juga mengalir begitu cepat. Arus informasi kini tidak mengenal waktu dan tempat, kapan dibutuhkan bisa langsung diakses. Dahulu untuk mengirim sebuah surat di negara lain mungkin butuh waktu yan lama, namun kini hanya dengan email, sekali kirim langsung bisa diterima, bahkan untuk di seluruh penjuru dunia. Dan hampir di semua bidang telah memasuki era yang canggih.

Era canggih membuat bagaimana informasi dapat diakses dengan secepat mungkin. Sehingga lebih memudahakan manusia baik dari segi tenaga maupun ekonomis secara jangka panjang. Segla sesuatu yang serba canggih itu tidak terlepas dari perkembangan Teknologi Informasi danKomunikasi (TIK). Sebab TIK adalah fasislitas yang membawa ke dalam dunia digital yang begitu canggih.

Perkembangan TIK kini sangatlah kita rasakan. Dimana komputer seakan sudah menjadi kebutuhan wajib untuk beberapa kalangan bahkan termasuk pelajar. Arus informasi di seluruh dunia semakin tak terbendung dengan kehadiran internet. Dengan duduk di depan komputer kita bisa mengetahui perkembangan di seluruh penjuru dunia.

Lalu bagaimana perkembangan TIK di Indonesia? Kini di Indonesia juga sedang dalam masa peralihan ke komputerisasi, sebab kehadiran TIK kini mulai dimanfaatkan dan keberadaannya pun memang wajib untuk dipenuhi. Sebab bila negara kita tertinggal di TIK maka di bidang lain pun kita juga kan tertinggal.

Namun permasalahan yang ada adalah kemajuan TIK di Indonesia belu terlalu pesat dan belum menyeluruh. Itu dikarenakan karena masih terkendala pada biaya. Kecanggihan TIK rupanya masih mahal di Indonesia. Sehingga hanya kalangan tertentu saja yang bisa menggunakan dengan intensif. Misalnya akses internet, yang merupakan jendela informasi, masih cukup mahal bila digunakan di setiap rumah. Meskipun akses hotspot di tempat-tempat umum sudah mulai dikembangkan namun tetap saja hanya kalangan tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Mengingat pentingnya TIK bagi kemajuan masyarakat Indonesia di bidang teknologi dan masih adanya beberapa kendala itu melatarbelakangi dibentuknya Dewan Teknologi Informasi dan Teknologi Nasional (DETIKNAS) oleh pemerintah. Dewan ini diketuai oleh presiden Indonesia dan melibatkan beberapa menteri pada departemen yang berkaitan. Diantarnay adalah Depkeu, Depdiknas, Depkominfo, Bappenas, Depkeu, Depdagri. Di mana dewan ini bertujuan untuk mengembangkan program pelayanan masyarakat sesuai masing-masing departemen dengan ditunjang teknologi dan informasi yang canggih agar semakin optimal kinerjanya.

Salah satu program dari Depdiknas adalaha e-Education yaitu pembelajaran dengan menggunakan teknologi komputer dan internet. Dengan adanya program itu diharpkan pelajar lebih mudah dalam belajar dan tidak harus menggunakan buku, tapi dengan sebuah program yang bisa diakses via internet.

Contoh yang lain dari Depkeu adalah program National Single Window. Laporan keuangan dari semua departemen bisa dilaporkan melalui satu jalur sehingga tidak memakan waktu yang lama dalam proses birokrasi. Di samping itu kemungkinan untuk adanya penyimpangan dana bisa semakin diminimalisir sebab itu akan bersifat terbuka.

Di sisi lain pemerintah juga harus mempersiapkan untuk keamanan atau security. Sebab bila pemerintah telah berani untuk mencanagkan program seperti itu maka untuk keamanan data juga harus diperhatikan.

Dari beberapa program tersebut ada poiont penting yang harus diperhatikan, yaitu akses internet merupakan mutlak keberadaanya. Semua program bisa dijalankan bila koneksi di tiap departemen yang ada tersambung melalui internet. Di sini merupakan peran dari DETIKNAS. Membangun jaringan agar untuk ke depan tidak dipermaslahkan lagi dengan biaya.

DETIKNAS sendiri mempunyai target-target untuk mewujudkan program-progrma yang ada. Dengan mengatur mulai dari hukum dan segala regulasi lainya untuk menunjang program-progrmanya. Harapannya adalah terjadi reformasi dalam bidang birokrasi sehingga Indonesia menjadi negara yang maju dengan TIK. Dan target terbesar dari DETIKNAS adalah menjadi ASEAN ICT Leading Nation pada tahun 2010. Untuk perlu dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan Indonesia maju yang tidak gagap akan teknologi.

07 03 09 - Posted by | IT | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: